Hanya 100 rb, Begini Tips Murah Buat Surat Bebas Napza Bantul

0
2389
Foto Bagian Pendaftaran Puskesmas Sewon I (Sumber : https://puskesmas.bantulkab.go.id/sewon1/)

Untuk keperluan studi, melamar pekerjaan, dan sebagainya, terkadang suatu instansi memberikan syarat Surat Bebas Napza Bantul. Meskipun kita benar-benar bukan pengguna zat-zat adiktif tersebut, kita tetap harus mengikuti prosedur dengan benar. Tidak seperti surat keterangan sehat yang bisa dikeluarkan oleh bahkan klinik pinggir jalan, Surat Bebas Napza hanya bisa dikeluarkan oleh rumah sakit yang memiliki laboratorium memadai untuk tes sampel urine. Sebagai orang Bantul, saya berusaha mengumpulkan informasi dimana saja rumah sakit yang bisa menerbitkan Surat Bebas Napza, di antaranya RSUD Panembahan Senopati dan RS PKU Muhammadiyyah Bantul. Soal harga, RSUD Panembahan Senopati memiliki harga relatif lebih murah, dibanding RS PKU Muhammadiyyah, yaitu kisaran 150-200 ribu.

Lalu bagaimana dengan Puskesmas?

Nah, sebenarnya Puskesmas adalah solusi mudah dan murah membuat Surat Bebas Napza Bantul. Di antara 27 puskesmas di Bantul, baik rawat inap maupun non-rawat inap, terdapat 2 puskesmas yang bisa melayani pembuatan Surat Bebas Napza. Berikut datanya: (1) Puskesmas Bantul I (Jl. KH. Wahid Hasyim 208 Ds. Palbapang, Kec. Bantul); (2) Puskesmas Sewon I (Jl. Parangtritis Km.7 Bangi,Timbulharjo,Sewon, Kab. Bantul)

Seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 20 November 2020, aku diharuskan membuat surat tersebut untuk syarat melamar pekerjaan sebagai staf ahli DPD RI. Agak keren ya, eh tapi biasa aja kok. Setelah dapat informasi dari salah satu dokter di Puskesmas Jetis, akhirnya saya memutuskan untuk membuat di Puskesmas Sewon I. Maklum lokasinya tidak terlalu jauh dari asrama pondok tercinta, Krapyak. Sebelum berangkat, browsing dulu dong info tentang syarat dan prosedurnya. Eh saat saya cari lewat Google, tidak ada artikel sama sekali yang memberi arahan untuk mencari Surat Bebas Narkoba di Puskesmas di Bantul. Alhasil, biar menjadi insan bermanfaat, saya putuskan untuk membuat artikel ini.

Begini caranya:

  • Menuju meja receptionist dan mengumpulkan KTP. Saat namamu dipanggil, kamu akan ditanyai “keperluannya apa?” Sampaikan saja ingin membuat Surat Bebas Napza. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan nomor antrean untuk bertemu dokter di Poli Umum.
  • Saat nomor antreanmu dipanggil, segeralah menuju Poli Umum untuk pemeriksaan umum seperti tensi darah. Kamu juga akan ditanyakan beberapa informasi guna ditulis di surat keterangan sehat, seperti berat badan dan tinggi badan. Setelah itu kamu akan bertemu dokter umum untuk memberikan ttd pada surat keterangan sehatmu. Kamu juga akan diberikan surat pengantar ke laboratorium.
  • Segeralah menuju laboratorium dan kumpulkan beberapa lembar berkas yang diberi oleh dokter umum, termasuk juga KTP. Kamu akan diberikan pot sampel untuk wadah urin. Laboran akan memeriksa urinmu dengan parameter benzodiazepine, amphetamine, dan THC.
  • Sembari menunggu sekitar 10-an menit sampel di analisis, kamu diminta untuk menuju kasir guna melunasi pembayaran dan meminta cap pada surat keterangan sehat. Setelah selesai, kembalilah ke laboratorium untuk menunggu hasilmu.
  • Setelah hasil keluar, kamu harus menemui dokter umum lagi untuk meminta ttd, serta menuju kasir untuk meminta cap. Simpel sekali bukan? Nah ini hasil pemeriksaan urine-ku dan keterangan sehat. Alhamdulillah negatif.
Surat Bebas Narkoba (Napza)
Surat Keterangan Sehat

Lalu berapa harganya?

Dibandingkan RSUD Panembahan Senopati dan RS PKU Muhammadiyyah Bantul, Puskesmas adalah alternatif tempat membuat surat bebas napza yang murah dan mudah. Saya pernah buat di RSUD Panembahan Senopati habis sekitar 150-200 ribu, sedangkan kemarin sempat bertanya dengan Saudara saya yang bekerja di RS PKU Muhammadiyyah Bantul, harganya berkisar 300 ribu. Sedangkan harga di Puskesmas Sewon I hanya 103 ribu yang meliputi : (1) Retribusi, Rp9000,-; (2) Biaya pemeriksaan kesehatan, Rp7.500,-; dan (3) Biaya cek napza, Rp90.000,-. Harga ini saya kira sama dan berlaku di Puskesmas Bantul I. Berikut ini struk pembayarannya:

Struk Pembayaran di Puskesmas Sewon I

Sekian sharing of life dari aku. Saya sangat merekomendasikan Puskesmas sebagai alternatif mengurus surat bebas napza yang mudah dan murah. Jika info ini bermanfaat, silakan share ke teman kalian. Semoga bermanfaat. Artikel lainnya cek di mwahyuarif.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here