[Sebuah Pengalaman] Cara Menjadi Peneliti di LPPT UGM

6
664
ID Card peneliti atas nama Muhammad Wahyu Arif

Jika kamu membaca artikel ini, berarti kamu mempunyai rencana untuk mendaftar sebagai peneliti di LPPT UGM atau hanya sekedar ingin mengetahui informasi belaka. Artikel ini akan membahas (1) Prosedur mahasiswa UGM menjadi peneliti di LPPT UGM; (2) Berkas yang harus disiapkan untuk menjadi peneliti; serta (3) Proses penelitian di LPPT UGM.

Sekilas mengenal LPPT UGM ~

Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) UGM adalah laboratorium pusat universitas yang merupakan gabungan dari 4 (empat) laboratorium pusat, yaitu Laboratorium Analisis Kimia dan Fisika Pusat (LAKFIP), Laboratorium Ilmu Hayati (LIH), Pusat Studi Obat Tradisional (PSOT) dan Unit Pengembangan Hewan Percobaan (UPHP). LPPT UGM   secara formal didirikan menurut SK Rektor No. 265/P/SK/HT/2004 tanggal 29 November 2004. Pada tahun 2014 SK LPPT diperbarui dengan Surat Keputusan Rektor No. 90/P/SK/HT/2014 yang memperluas fungsi LPPT UGM dan dikukuhkan dalam Peraturan Rektor UGM nomor 1/P/SK/HT/2015. Pada saat penulis menulis artikel, kondisi sedang pandemi, dan LPPT membuka pelayanan secara terbatas per tanggal 08 Juni 2020. Lihat surat edaran di sini.

LPPT menyediakan fasilitas penelitian yang dapat dipergunakan bagi civitas akademika UGM maupun masyarakat umum. Kegiatan penelitian di LPPT terbagi menjadi 2

Pertama, penelitian oleh peneliti sendiri. Kegiatan penelitian ini memfasilitasi peneliti mulai dari perencanaan sampai kegiatan penelitian di LPPT UGM. Teknisi LPPT hanya sebatas membantu/membimbing prosedur penggunaan alat-alat LPPT yang akan dipergunakan oleh peneliti. Layanan penelitian ini hanya diperuntukkan kepada civitas akademika UGM (mahasiswa S1/S2/S3/Dosen UGM).

Kedua, pengujian penelitian. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan oleh teknisi LPPT yang pada pelaksanaan penelitiannya sesuai dengan prosedur penelitian yang sudah ditentukan. Bahasa mudahnya adalah setor sampel dan terima hasil jadi. Layanan ini diperuntukkan bagi civitas akademika UGM maupun masyarakat umum.

Nah, dalam artikel ini aku akan share pengalaman tentang bagaimana cara civitas akademika UGM (mahasiswa) menjadi peneliti di LPPT UGM. Saya mendaftar sebagai peneliti di LPPT UGM sebagai peneliti mandiri (tidak ikut proyek dosen), meskipun sebenarnya biaya penelitian berasal dari bantuan dana tesis beasiswa LPDP RI. Bagi pembaca yang tidak termasuk civitas akademika UGM (mohon maaf), tetap bisa melakukan penelitian dengan memanfaatkan fasilitas pengujian sampel (setor sampel).

Untuk mengetahui tarif lengkap pengujian sampel di LPPT maupun seluruh lingkungan UGM, kamu bisa baca selengkapnya tentang Standar Tarif Uji (STU) di sini.

Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya kamu mempersiapkan beberapa berkas, di antaranya: (1) Proposal penelitian; (2) Surat pernyataan pembiayaan; (3) Surat pengantar dari dosen pembimbing.

Untuk contoh surat dan templete-nya dapat didownload di sini.


Bagaimana prosedurnya?

1.Buat akun LPPT UGM di https://app.lppt.ugm.ac.id/. Bagi civitas akademika UGM, secara otomatis akan terhubung dengan SSO UGM.

2. Lengkapi informasi pendaftaran yang meliputi: NIM, Email UGM, Alamat Tinggal, Kategori (mahasiswa/dosen), dan nomor telp. Klik daftar.

Tampilan website pendaftaran akun di LPPT UGM (koleksi pribadi)

3. Muncul beranda portal layanan LPPT UGM. Selanjutnya klik penelitian

4. Isikan informasi peneliti dan data penelitian berupa judul, ringkasan penelitian, dosen pembimbing, teknisi pendamping, alat yang akan digunakan, serta mengupload beberapa berkas (1) proposal penelitian; (2) surat pernyataan pembiayaan; (3) surat pengantar dari dosen pembimbing. Tips: teknisi pendamping kamu bisa pilih secara random, tidak masalah.

Tampilan beranda Portal Layanan LPPT UGM (koleksi pribadi)

5. Isikan assesmen risiko penelitianmu. Hal ini sebenarnya penting, namun cukup isikan sebatas pengetahuanmu.

Tampilan assesmen risiko penelitian (koleksi pribadi)

6. Setelah semua data selesai kamu isikan, klik daftarkan penelitianmu. Dan kamu bisa cek status pendaftaranmu. Awal pendaftaran, statusmu berupa penyeliaan awal. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian yang kamu ajukan baru di-review. Tetapi tidak usah khawatir, hampir bisa dipastikan pendaftaranmu akan lancar jika kamu sudah mengisi dan mengupload berkas yang sesuai.

7. Selanjutnya, dalam beberapa hari setelah pendaftaran, kamu akan menerima email untuk mengikuti uji kompetensi. Uji ini digunakan sebagai semacam seleksi calon peneliti, apakah layak untuk melakukan penelitian di LPPT atau tidak. Uji kompetensi dilakukan hari Jumat setiap minggunya. So, kamu harus rajin-rajin cek email UGM agar tidak ketinggalan informasi. Untuk mengetahui tips dan trik lolos uji kompetensi LPPT UGM, kamu bisa baca di sini.

Tampilan email untuk melaksanakan uji kompetensi (koleksi pribadi)

8. Setelah kamu dinyatakan lolos uji kompetensi, kamu akan menerima email. Setelah itu kamu bisa segera ke LPPT untuk mengambil ID Card peneliti dan membuat janji dengan teknisi alat untuk berkonsultasi. Berhubung kondisi pandemi, setiap teknisi alat tidak stand by di LPPT setiap hari, maka kita harus menyesuaikan jadwalnya.

Tampilan email keterangan lolos sebagai peneliti (koleksi pribadi)

9. Setelah itu, kamu sudah bisa menjalankan penelitian di LPPT UGM. Semua persiapan penelitian dilakukan melalui https://app.lppt.ugm.ac.id/, seperti bon bahan, pemilihan alat karakterisasi, hingga cek tagihan. Tips: setiap datang ke LPPT UGM, jangan lupa membawa ID Card peneliti.

ID Card Peneliti atas namaku (koleksi pribadi)

Mudah bukan? Sebagai bagian dari civitas akademika UGM (menurutku secara pribadi), cukup merugi kalau kita tidak bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh UGM secara optimal, termasuk fasilitas penelitian di LPPT UGM. Dibukanya LPPT bagi mahasiswa UGM agar bisa melakukan penelitian, menjajal alat-alat karakterisasi, hingga mengoperasikannya sendiri adalah sebuah pengalaman berharga yang bisa kamu dapatkan hanya saat menjadi civitas akademika UGM.

Jika ada yang perlu didiskusikan, bisa melalui komentar atau sosmed penulis. Sekian sharing informasi singkat ini. Jika menurutmu bermanfaat, silakan komentar dan bagikan ke teman-temanmu. Terima kasih.


Informasi tambahan, daftar alat karakterisasi dan pengujian yang ada di LPPT dapat dilihat di sini.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here