Panduan Lolos Seleksi Masuk MTs-MA Ali Maksum Tahun 2021

1
1908
panduan lolos MTs MA Ali Maksum

Dalam artikel kali ini, aku ingin membagikan panduan lolos MTs-MA Ali Maksum. Sebagai informasi, institusi pendidikan yang ada di bawah Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum adalah MTs dan MA Ali Maksum. Aku sendiri adalah salah satu alumni dari MA Ali Maksum lulus tahun 2013 yang kemudian menjadi pembimbing asrama. Aku pernah terlibat sebagai tim pembuat soal bahasa Arab untuk seleksi masuk MA Ali Maksum. Tentu setiap tahun soal tes akan berubah, namun apa yang akan aku bagikan bisa menjadi salah satu referensi belajar calon santri, BUKAN BOCORAN SOAL.

Sebenarnya, nama Krapyak yang tersemat pada Pondok Pesantren Krapyak diasosiasikan dengan nama daerah tempat pondok pesantren itu berada, layaknya pondok Tremas, Lirboyo, Tebuireng, Sidogiri, dan lain-lain. Pondok Pesantren Krapyak beralamatkan di Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Pondok ini berlokasi di batas antara Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta. Di lingkungan Krapyak sendiri terdapat beberapa pondok yang memiliki institusi pendidikan, seperti Pondok Pesantren Al-Munawwir yang memiliki sekolah SMK, Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum yang memiliki sekolah MTs dan MA, serta Pondok Pesantren Ali Maksum yang memiliki sekolah SMP dan SMA. Bagi orang awam, mungkin agak kebingungan dengan banyaknya pondok-pondok yang ada di lingkungan Krapyak. Tak masalah kita akan bahas panduan lolos MTs-MA Ali Maksum.

Nah, berikut ini adalah panduan lengkap lolos lolos tes masuk MTs-MA Ali Maksum, Pondok Pesantren Krapyak, Yayasan Ali Maksum, Yogyakarta. Sebelum mendaftar, siapkan dahulu beberapa berkas syarat pendaftaran. Berkas pendaftaran yang lengkap menjadi syarat mutlak pertama agar bisa diterima mondok di Krapyak.

Persyaratan Pendaftaran Tes Masuk

  • Berusia maksimal 14 tahun (MTs) dan 17 tahun (MA)
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Menyerahkan fotokopi akte kelahiran 2 lembar
  • Menyerahkan fotokopi kartu keluarga (C1) 2 lembar
  • Menyerahkan foto 3×4 2 lembar
  • Menyerahkan Surat Keterangan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Membayar biaya pendaftaran Rp 300.000
  • Mengikuti Tes (secara ONLINE)
  • Calon santri yang tidak lulus sekolah dianggap gugur

Sebagai informasi, setiap tahunnya MTs dan MA Ali Maksum selalu kebanjiran pendaftar. Bahkan pada tahun ini panitia membuat kebijakan: jika pendaftar gelombang ke-1 sudah memenuhi kuota, maka tidak akan dibuka pendaftaran gelombang ke-2. Sebenarnya pihak pondok pesantren ingin menerima seluruh calon santri yang mendaftar. Namun karena keterbatasan daya tampung asrama sehingga harus dilakukan seleksi secara ketat untuk mendapatkan santri terbaik. Dasar penentuan seleksi calon santri terbaik adalah menggunakan TES. Materi tes calon santri MTs dan MA Ali Maksum kurang lebih sama, namun level kesulitannya berbeda. Eits… setiap tahun soal-soal materi tes selalu diperbarui, apa yang aku bagikan cukup menjadi referensi belajar dan jelas tidak akan dikeluarkan lagi sebagai soal tes masuk.

Tes Baca Alquran

Calon santri akan diminta untuk membaca potongan ayat secara acak oleh panitia. Poin-poin penilaian bacaan Alquran meliputi : kefasihan bacaan, kesesuaian dengan tajwid dan makhorijul huruf, serta pengetahuan ilmu tajwid. Untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dalam Tes Baca Alquran, sebaiknya pelajari tentang ilmu tajwid dan sering nderes Alquran. Tes Baca Alquran dilakukan oleh guru-guru pengajar Alquran yang sebagian besar sudah khatam hafalan 30 juz.

Tes Potensial Akademik (TPA)

Tes ini merupakan tes untuk mengukur kecerdasan intelektual seseorang. Setidaknya ada tiga aspek yang dinilai dalam tes TPA, yakni verbal, numerikal, dan figural. Kemampuan verbal adalah kemampuan memahami dan berpikir menggunakan bahasa. Adapun kemampuan numerikal adalah kemampuan memahami dan berpikir menggunakan angka. Sementara itu, kemampuan figural adalah kemampuan memahami dan berpikir menggunakan gambar. Di internet ada banyak sekali contoh soal Tes Potensial Akademik (TPA). Tips agar calon santri dapat nilai bagus pada tes ini adalah: (1) Seringlah berlatih mengerjakan Tes TPA; (2) Berlatih dengan menggunakan batasan waktu. Misal mengerjakan 30 soal dalam 30 menit. Pasalnya dalam penyelenggaraan tes secara online, waktu mengerjakan juga sangat terbatas. Mutlak kalau kamu ingin dapat nilai bagus, kamu harus berlatih dan tidak bisa mengandalkan keberuntungan. Keep trying!

Tes Wawancara

Tes ini sebenarnya paling sederhana dan tidak butuh persiapan apapun. Calon santri cukup menjawab pertanyaan pewawancara secara jujur, tanpa ada yang ditutup-tutupi sama sekali. Sekalinya berbohong, kamu hanya akan menyimpan kebohongan itu secara terus menerus dan akan menggunung. Tidak ada penilaian khusus pada tes wawancana ini karena pewawancara hanya ingin mengetahui kepribadian calon santri. Jika kamu seorang perokok, sebutkan saja. Jika kamu memang candu game online, sebutkan saja. Gak usah takut dan gak usah malu. Pewawancara akan memberikan pertimbangan apakah calon santri dengan kepribadian semacam itu layak untuk menjadi mondok di Krapyak atau tidak.

Tes Tulis Bahasa Arab

Tes ini merupakan bagian yang paling sulit, karena hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang yang pernah belajar gramatikal Bahasa Arab seperti Nahwu dan Shorof. Jujur saat aku dulu ngerjain tes ini, aku tidak bisa mengerjakan sama sekali. Maklum di SMP umum, kami tidak pernah diajari Ilmu Nahwu dan Shorof. Tapi bagi kamu lulusan SMP maupun MTs, atau bahkan yang pernah mondok pun, tidak perlu berkecil hati. Masiha da cukup waktu untuk mempersiapkan dan belajar secara ekspres untuk mempelajari Ilmu Nahwu dan Shorof. Kamu bisa melihat salah satu contoh soal Tes Bahasa Arab pada menu download di akhir artikel ini.

Materi Tes Masuk MTs-MA Ali Maksum

Kalau sekolah umum lainnya, biasanya baru melakukan pendaftaran pada bulan Juni-Juli melalui sistem PPDB Online. Sedangkan, MTs dan MA Ali Maksum tergolong sangat awal dalam membuka pendaftaran. Saat ini, pendaftaran sudah dibuka dengan skema 2 Gelombang. Gelombang 1 (16-20 Januari 2021) dan Gelombang 2 (1-13 Februari 2021). Bagi calon pendaftar, harus benar-benar mencatat tanggal pendaftaran dan jangan sampai terlewat. Apalagi saat ini panitia punya kebijakan: Jika kuota Gelombang 1 sudah terpenuhi, maka gelombang 2 ditiadakan. Berikut jadwal lengkapnya:

Jadwal Pendaftaran MTs-MA Ali Maksum, Krapyak, Yogyakarta

Sekian sharing singkat Tips Lolos Tes Masuk MTs-MA Ali Maksum. Semoga bermanfaat. Jika Bapak/Ibu membutuhkan tutor/guru privat untuk belajar Nahwu dan Shorof ataupun Tes TPA guna mempersiapkan Tes Masuk MTs-MA Ali Maksum, dapat menghubungi penulis dengan link di biografi atau via WhatsApp dg klik di sini.

Link Download :

  • Informasi resmi pendaftaran MTs-MA Ali Maksum, klik di sini.
  • Cek NISN secara online di Pusdatin Sekjen Kemendikbud RI, klik di sini.

UPDATE per 29 Desember 2020

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here