Tips Lolos Beasiswa CGS untuk Santri, Kuliah S2 S3 Gratis ke China

0
388
Tips Lolos Beasiswa CGS untuk Santri
Tips Lolos Beasiswa CGS untuk Santri

Tips Lolos Beasiswa CGS untuk Santri, Kuliah S2 S3 Gratis ke China. Sebenarnya banyak sekali kesempatan untuk melanjutkan kuliah S2 dan S3 di China, terutama dengan menggunakan program beasiswa. Salah satu beasiswa yang paling populer adalah Chinese Government Scholarship (CGS) yang diberikan oleh Chinese Scholarship Council (CSC) bagi pelajar internasional. Ada lebih dari 270 universitas di China yang bekerja sama dengan pemerintah China untuk menerima pelajar dengan beasiswa Chinese Government Scholarship (CGS). Artinya, warga Indonesia yang berminat melanjutkan studi ke China dengan beasiswa CGS dapat memilih dari 270 kampus yang ada. Penentuan tujuan kampus/universitas tentu disesuaikan dengan minat dan tujuan studi.

Masyarakat yang hendak mendaftar Beasiswa CGS, pada umumnya mengikuti seleksi secara ketat di kedutaan. Khusus bagi santri, ada kabar menarik terkait Tips Lolos Beasiswa CGS, kuliah gratis ke China. Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Jakarta telah bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) sejak tahun 2018 untuk menjaring santri dan kader Nahdlatul Ulama terbaik untuk mendapatkan beasiswa. Hal ini sebagai implementasi dari hasil Rakornas PTNU Tahun 2021 terkait dengan peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi SDM di Lingkingan PTNU. Bagi santri yang berminat, berikut kriterianya:

Kriteria Pelamar Beasiswa CGS

  1. Warga negara Indonesia (WNI).
  2. Kader Nahdliyin.
  3. Bagi pelamar program S2, wajib mendapat rekomendasi dari lembaga NU terkait.
  4. Bagi pelamar program S3, wajib mempunyai NIDN di Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama danmendapatan surat izin belajar dari Pimpinan PTNU (Rektor/Ketua/Direktur) yang menjadi homebase-nya.
  5. Siap menyebarkan nilai-nilai Islam wasathiyyah (moderat), tasammuh (toleran), tidak ekstrim,serta tawazzun (berimbang).
  6. Diprioritaskan bagi yang akan mengambil jurusan di bidang sains dan teknologi.
  7. Setelah lulus siap berkhidmat ke Nahdlatul Ulama (NU) dan Home Base perguruan tinggi NU.
  8. Berada dalam kondisi kesehatan yang baik (dibuktikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan).
  9. Berusia maksimal 35 tahun untuk program S2 dan 40 tahun untuk program S3.

Persyaratan Dokumen Beasiswa CGS

  1. Formulir yang telah mendapatkan nomor seri dari CGS yang bisa didapatkan di www.campuschina.org.
  2. Pas foto (passport/visa style).
  3. Fotokopi paspor yang masih aktif terdiri dari: halaman data diri, halaman data tambahan (jika ada),dan halaman tanda tangan.
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kantor Polisi setempat.
  5. Dua surat rekomendasi dari Professor.
  6. Satu ijazah dan transkrip akademis yang dilegalisir dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris (penerjemah tersumpah).
  7. Rencana Studi atau Proposal Penelitian dalam bahasa Mandarin atau Inggris dengan minimal 800 kata.
  8. Satu salinan surat kesehatan yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah (asli harus dibawa olehpeserta yang disetujui) dengan format yang sesuai dengan formulir pemeriksaan fisik asing. ( Bentukfomulir pemeriksaan fisik asing sesuai otoritas karantina Tiongkok dapat diunduh di sini).
  9. Untuk yang mendaftar di pengajaran berbahasa Mandarin, wajib menyertakan sertifikat HSK 4.
  10. TOEFL / IELTS yang masih berlaku dalam 2 tahun terakhir (jika ada).
  11. Pelamar yang memiliki Letter of Acceptance ( LoA ) dari universitas yang dituju harus melampirkannya dalam aplikasi beasiswa.
  12. Bagi pelamar program S2: surat rekomendasi dari lembaga NU terkait.
  13. Bagi pelamar program S3: wajib mempunyai NIDN di Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama danmelampirkan surat izin belajar dari Pimpinan Perguruan Tinggi yang menjadi home base-nya.

CATATAN: Semua dokumen tersebut di atas disiapkan dalam format fisik dan soft copy. Berkas soft copy dalam format PDF kecuali pas foto dalam format JPG. Semua file dijadikan satu dalam sebuah folder dan dikompres/dimasukkan dalam sebuah file ZIP dengan nama file NAMA_PELAMAR.zip.

Fasilitas Beasiswa CGS untuk Santri

Penerima beasiswa Chinese Government Scholarship (CGS) untuk santri akan mendapatkan berbagai fasilitas hingga selesai studinya. Meskipun beasiswa CGS ada 2 kategori, yaitu partial scholarship dan full scholarship, khusus bagi Santri yang mendaftar melalui LPTNU akan mendapatkan full scholarship dengan berbagai fasilitas berikut ini:

  • Gratis Biaya kuliah
  • Fasilitas Asrama (Jika tidak tinggal di asrama, maka dapat diuangkan setara dengan kurang lebih 1000 Yuan per tahun)
  • Asuransi kesehatan
  • Uang saku bulanan; 3000 Yuan setara Rp 6 juta (S2), 3,500 Yuan setara Rp 7 juta (S3).
  • Uang buku; 200 Yuan per tahun
  • Gratis program persiapan bahasa selama 1 tahun
  • Beasiswa ini tidak mencakup tiket pesawat dan biaya pengurusan visa untuk ke China.

TIMELINE BEASISWA CGS UNTUK SANTRI

1-24 Januari 2021– Pengisian data secara online di website resmi CGS di www.campuschina.org untuk mendapatkan formulir dengan nomor seri pendaftaran. Formulir tersebut harus dicetak dan disampaikan ke LPTNU bersama semua persyaratan dokumen lainnya.
– Pengisian formulir pendaftaran beasiswa LPTNU secara online di sini.
25 Januari 2021Wawancara secara online.
4-5 Februari 2021Pengumuman lolos seleksi LPTNU.
Agustus 2021Pengumuman resmi CGS

Tips Lolos Beasiswa CGS untuk Santri

Tips Lolos Beasiswa CGS untuk Santri ke China (Kak Ayyun)

Aku berkesempatan bertemu dan ngobrol santai dengan salah satu awardee Beasiswa CGS untuk Santri, Ayyun Anniqo Rizqyana. Kak Ayyun merupakan mahasiswa S2 di International College of Chinese Studies, Shanghai Normal University (SHNU) yang menerima beasiswa CGS tahun 2019. Menurutnya, santri tak perlu takut kuliah di Negeri Tirai Bambu. Sebelum memasukin perkuliahan, calon mahasiswa akan mendapatkan program persiapan bahasa selama 1 tahun. Selain itu, bahasa pengantar yang digunakan dalam perkuliahan, ada yang memang menggunakan Bahasa Mandarin, ada pula yang menggunakan Bahasa Inggris. Okey ya. Nah, Kak Ayyun juga membagikan berbagai Tips Lolos Beasiswa CGS untuk Santri, yuk disimak sampai habis.

  1. Menentukan kampus tujuan sesegera mungkin. Dalam form pendaftaran, kamu akan diminta mengisi 3 universitas tujuan. Dalam menentukan sebaiknya juga kamu kepo-kepo dahulu kampus tujuanmu. Mulai dari lingkungan, peringkat, hingga komunitas WNI yang sedang kuliah di sana. Hal ini penting jika kamu gak pengen jadi single fighter yang kuliah sendirian di kampus tujuanmu.
  2. Jika sudah menentukan kampus tujuan dan mengisi form pendaftaran, usahakan segera menghubungi pihak kampus melalui email resmi kampus. Tujuan menghubungi adalah memperkenalkan diri dan maksud untuk mendaftar kampus melalui beasiswa CGS. Ada lebih dari 270 universitas di China yang sudah bekerjasama dengan Beasiswa CGS.
  3. Lengkapi syarat administratif. Kelengkapan berkas syarat adalah hal mutlak yang tidak boleh dikesampingkan. Sebaiknya kamu telah mempersiapkan berbagai berkas jauh-jauh hari. Soalnya, ada beberapa dokumen yang tidak bisa diurus secara instan, seperti SKCK, sertifikat Toefl/IELTS, serta paspor
  4. Menata niat dan bertanggung jawab. Jika kamu sudah dinyatakan lolos beasiswa CGS, kamu harus bertanggung jawab menyelesaikan studimu hingga lulus. Berdasar cerita Kak Ayyun, ada beberapa kasus awardee yang tidak menyelesaikan studi karena berbagai alasan.
  5. Rajinlah membaca informasi beasiswa. Sering-seringlah jemput bola informasi, lebih-lebih kalau kamu bisa menggali informasi dari salah satu awardee yang sudah lolos. Kamu bisa berdiskusi lebih privat terkait tips dan trik agar lolos beasiswa CGS.

Oh ya, barusan Senin (18/01) kak Ayyun share info kalau awardee CGS sedang ngadain acara buat besok banget, Selasa (19/01). Kuy yang mau gabung langsung aja daftar di acara “Kupas Tuntas CGS 2021”

Tips Lolos Beasiswa CGS 2021

NARAHUBUNG

Untuk infromasi lebbih lanjut, dapat menghubungi (1) Dila +62-812-3333-9336 dan (2) Ana +62-822-5772-6328. Tautan informasi dapat dilihat pada link: https://beasiswa.nu.or.id/2021/tiongkok/ 

Download edaran resmi Beasiswa CGS 2021 dari LPTNU di sini.

Sekian Tips Lolos Beasiswa CGS untuk Santri. Tetap semangat para santri scholarship hunter yang lagi cari beasiswa ke Negeri China. Artikel lainnya tentang beasiswa dapat dilihat di sini. Semoga bermanfaat. Thanks guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here