Rekomendasi Toko Kimia Jogja, Sebuah Pengalaman

1
3463
Progo Mulyo Jogja
Progo Mulyo Jogja

Rekomendasi Toko Kimia Jogja, jual alat dan bahan kimia di Jogja. Dikenal sebagai kota pelajar, Jogja memiliki banyak sekolah dan universitas. Dalam berbagai kegiatan pembelajaran/praktikum/penelitian tugas akhir, mahasiswa/siswa/guru biasanya membutuhkan alat dan bahan kimia. Mahasiswa yang sedang melakukan penelitian lebih sering membutuhkan bahan kimia eceran dalam skala gram/ml, grade pro-analis, dan ketersediaannya cepat. Sedangkan mahasiswa praktikum biasanya masih belum intensif mencari alat dan bahan kimia. Alhasil, jika tidak siap sejak awal ada fase ‘kelabakan’ harus cari kemana alat dan bahan kimia. Apalagi bahan-bahan yang sifatnya khusus, memang tidak selalu tersedia di toko dan harus dipesan terlebih dahulu (inden). Saat tahu waktu pemesanan bisa sampai 1-3 bulan, kadangkala mahasiswa kaget gak ketulungan.

Nah, pada kesempatan kali ini, aku ingin sharing pengalamanku berbelanja alat dan bahan kimia, sehingga bisa memberikan rekomendasi toko kimia Jogja. Saat sarjana, aku kuliah di Kimia UNY, dan saat ini lanjut studi di Kimia UGM. Di antara toko yang pernah ku kunjungi, satu toko dengan yang lain memang memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut rangkumannya, selamat membaca.

Rekomendasi Toko Kimia Jogja

Di antara banyak toko alat dan bahan kimia di Jogja, yang pernah aku kunjungi adalah Progo Mulyo, Chemix Pratama, General Labora, Brataco, dan Aldrich Laboratory. Mari kita ulas satu per satu.

  1. Chemix Pratama
    Alamat: Gg. Menur, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

2. Aldrich Lab.
Alamat : Jl. Agro, Karangasem CT. III/44 A Kocoran, Caturtunggal, Depok
No telp: (0274) 520576

3. General Labora
Alamat: Jalan Kesehatan No. B52B, Senolowo, Sinduadi, Mlati, Sleman
HP: 0856-0094-6533

3. Progo Mulyo
Alamat: Jl. Selokan Mataram CT III No.1, Kocoran, Caturtunggal, Depok
HP: 0813-9014-7569

Faktor Rekomendasi Toko Kimia Jogja

Secara singkat aku akan bilang, rekomendasi untuk cari alat kimia adalah di Progo Mulyo, sedangkan bahan kimia eceran di Chemix Pratama. Kenapa demikian?

(1) Faktor lokasi – Jika kamu mahasiswa UNY/UGM/UIN dan sekitarnya, Progo Mulyo, General Labora, dan Aldrich Lab. memiliki lokasi strategis, yaitu dekat dengan UGM/UNY. Sedangkan Chemix terletak paling jauh dan paling tidak strategis (dahulu di belakang UIN Sunan Kalijaga, sekarang di Jalan Wahid Hasyim dekat dengan UPN Veteran). Progo Mulyo dan Aldrich Lab. bahkan berada di jalan yang sama. Meski demikian, Progo Mulyo menjual alat kimia yang lebih lengkap dan harganya lebih murah dibanding ketiga toko di atas.

(2) Faktor komunikasi – Progo Mulyo dan Chemix Pratama menurutku memiliki CS yang lebih ramah dan cukup responsif membalas pesan WA. Beberapa kali keduanya juga bersedia ditelpon via WA. Jika kamu agak males survey harga, kamu bisa menanyakan harga terlebih dahulu melalui pesan/telepon WA. Soal komunikasi, Progo Mulyo dan Chemix juaranya sih dibanding kedua lainnya.

(3) Faktor harga – Jika kamu hendak membeli alat kimia, Progo Mulyo memiliki koleksi yang lebih lengkap, stok lebih banyak, dan harga lebih murah. Jika kamu hendak membeli bahan kimia, Chemix Pratama lebih asyik karena bisa dibeli eceran, koleksinya lebih lengkap, meskipun harganya standar alias gak murah-murah amat. Bahan yang disediakan di Chemix Pratama lebih banyak adalah bahan pro-analis yang telah dikemas ulang sesuai pesanan (gram/ml) dibandingkan bahan teknis. Pembelian bahan eceran di General Labora dipatok sesuai ukuran yang telah disediakan. Selain itu, harganya cukup lebih mahal dan pelayanannya menurutku kurang ramah.

Rekomendasi toko kimia Jogja – dibanding keempat toko kimia di atas, sebenarnya aku lebih-lebih merekomendasikan beli alat kimia di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll. Mengapa demikian, secara umum kualitas alat kimia adalah sama. Namun alat kimia yang dijual secara online cenderung memiliki harga yang lebih murah. Aku tidak merekomendasikan untuk bahan kimia ya. Meskipun telah direpack dan dilabeli pro-analis, aku pernah dapat saran dari teman laboran bahwa bahan itu tidak benar-benar pro-analis alias telah dicampur dengan bahan teknis. Soal harga sih emang biasanya jauh lebih murah dari toko kimia yang ada di Jogja. Tapi gak mau kan prosedur penelitianmu gagal gara-gara bahan yang rusak. Jelas hal ini merugikan dong.

LPPT UGM

Jika kamu mahasiswa UGM, rekomendasi toko kimia buat cari bahan kimia yang paling utama dan pertama adalah LPPT UGM. Wah bahan-bahan di LPPT juara segalanya, soal harga sangat lebih murah, lokasi strategis di dalam kampus, serta kualitasnya terjamin bagus. Sayangnya, bahan kimia di LPPT UGM dijual terbatas untuk civitas akademika dan tidak untuk kalangan umum luar UGM. Jika kamu ingin jadi peneliti LPPT UGM, baca panduannya di sini.

Rekomendasi Lainnya

Nah, selain keempat toko kimia di atas, ekomendasi toko kimia Jogja ada beberapa lainnya, namun aku sendiri belum pernah mengunjungi dan beli.

(1) Toko Sari Kimia, Jl. Brigjen Katamso No.91B, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. No telp. (0274) 375973 atau HP 0822-5260-968. Toko ini sepertinya lebih banyak menjual bahan teknis dalam skala besar untuk kebutuhan industri, bukan kebutuhan laboratorium.

(2) Bratachem, Jl. Letjen Suprapto No.70, Ngampilan, Kota Yogyakarta. No telp (0274) 558055. Meski belum pernah beli di sini, dari review beberapa pembeli di Google Maps, tempatnya bersih, pelayanan baik dan ramah, lumayan lengkap, namun bahan di sini tidak dijual dalam skala eceran (gram/ml). Ada minimal pembelian, seperti 100 ml, dsb. Namun toko ini mungkin cocok jika kamu membutuhkan inden bahan yang sifatnya khusus, seperti TEOS, TTIP, dll.

(3) Tekun Jaya, Jl. Suryatmajan No.59, RW.08, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta. No telp. (0274) 561012.

Selain toko di atas, sebenarnya masih ada juga toko kimia yang menjual secara online. Kamu juga bisa tanya harganya dahulu melalui pesan WA sebelum membeli. Lumayan menambah referensi harga. Sekian dahulu ulasan rekomendasi toko kimia Jogja. Jika kamu memiliki rekomendasi toko lainnya, silakan tambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here