Rekomendasi Beli Bahan Kimia Eceran Jogja

12
373

Rekomendasi Beli Bahan Kimia Eceran Jogja – Dikenal sebagai kota pelajar, Jogja memiliki banyak universitas yang memiliki jurusan saintek. Dalam berbagai kegiatan pembelajaran/praktikum/penelitian tugas akhir, mahasiswa biasanya membutuhkan alat dan bahan kimia. Khusus bagi mahasiswa yang melakukan penelitian tugas akhir, secara mendadak biasanya mereka membutuhkan berbagai bahan kimia yang sifatnya khusus. Mengapa demikian disebut sifatnya khusus? Karena bahan-bahan tersebut tidak biasanya dipakai dalam proses praktikum.

Bahan-bahan kimia yang ada di laboratorium terkenal memiliki harga yang mahal. Apalagi bahan tersebut jarang dipakai di laboratorium untuk kegiatan pembelajaran/praktikum. Bisa jadi per gram nya memiliki harga puluhan hingga ratusan ribu. Sebut saja misal Alloxan Monohidrat (20rb per gram), Allumunium Chloride (42rb per gram), atau Chromeazurol S (375rb per gram). Sedangkan dalam berbagai prosedur penelitian, bahan itu mutlak harus dipakai agar didapatkan hasil yang sesuai. Karena kebutuhan mahasiswa biasanya dalam skala kecil (gram), beli bahan kimia eceran merupakan solusi yang tepat untuk mendapatkan bahan berkualitas dan harga yang murah.

Bahan kimia yang dipakai oleh mahasiswa harus memiliki grade pro-analis dan ketersediaan harus cepat. Salah satu problem yang sering dihadapi mahasiswa di laboratorium adalah indent bahan yang memakan waktu berbulan-bulan. Semakin lama waktu pemesanan, tentu semakin menunda jalannya penelitian laboratorium. Maka dari itu, hal pokok yang harus diketahui sebelum masuk laboratorium adalah: mengetahui rekomendasi beli bahan kimia eceran.

Rekomendasi

Nah, penulis berkesempatan bertanya ke beberapa teman di Kimia UGM. “Eh, biasanya kalian kalau beli bahan eceran dimana?” Hasilnya, kali ini penulis akan meresume berbagai tempat rekomendasi beli bahan kimia eceran di Jogja. Simak sampai tuntas ya.

  1. Chemix – Beralamat di Gg. Menur, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Chemix menjadi salah satu tempat yang menyediakan bahan kimia eceran. Harga yang dipatok di tempat ini relatif murah. Mahasiswa yang hendak membeli bahan kimia di tempat ini bisa menghubungi lewat pesan WhatsApp terlebih dahulu, untuk kemudian menuliskan dan menanyakan ketersediaan bahan. Jika bahan tersedia, CS akan menginformasikan harga per gram atau per mL-nya. Chemix tidak menyediakan katalog bahan yang dapat diakses secara terbuka, sehingga pembeli yang hendak mencari bahan harus menanyakan secara manual kepada CS toko. Lokasi maps Chemix dapat dilihat di sini.
  2. Nitra Kimia – Toko ini biasa dijumpai secara online di marketplace. Meski demikian, pembeli justru dimudahkan dengan pembelian secara online di marketplace (Shopee/Tokopedia). Enaknya berbelanja di toko ini adalah adanya katalog yang tersedia secara online. Pembeli yang hendak mencari bahan, bisa juga menanyakan secara langsung melalui WhatsApp. Harga yang ditawarkan juga relatif murah. Toko ini melayani pembelian dari skala terkecil (per gram dan per ml untuk liquid). Menurut penulis, lebih disarankan untuk membeli secara online karena lokasi toko offline nya sepertinya hanya rumahan dan kurang representatif. Selain itu lokasinya juga cukup jauh dari lingkungan kampus UGM/UNY, yaitu di daerah Bantul.
  3. ARD Chem – Berlokasi di Magelang, utara Flyover & Bunderan Jombor, toko ini menjual berbagai bahan kimia eceran dan alat kimia gelas. Untuk menanyakan ketersediaan alat dan bahan, pembeli bisa menanyakan lewat pesan WA maupun datang langsung ke toko. Lokasi maps-nya dapat dilihat di sini.
  4. LPPT UGM – Bagi mahasiswa UGM, mereka memiliki privilege bisa mengakses bahan di Laboratorium Terpadu (LPPT) UGM. Harga di tempat ini merupakan yang paling murah dibanding toko kimia lainnya. LPPT UGM pun menyediakan bahan yang dijual secara eceran, per gram ataupun per ml. Sayangnya, selain mahasiswa UGM tidak bisa mengakses pembelian di tempat ini. Hehe.

Nah, sekian dulu rekomendasi beli bahan kimia eceran Jogja. Tulisan tentang rekomendasi alat dan bahan kimia juga bisa dibaca di sini. Jika pembaca memiliki rekomendasi tempat lainnya, tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

12 COMMENTS

  1. Jadi ingat tahun 2012 an kalau ga salah. Sempat bingung tuh teman saya nyari bahan untuk praktik secara ia ambil jurusan farmasi di sebuah universitas di Yogyakarta.
    Sekarang ternyata banyak tempat yang menjual dan menyediakan bahan untuk praktik dengan ukuran sesuai kebutuhan mahasiswa ya …

  2. kerjaan adek aku nih beli2 bahan kimia untuk praktikum kuliahnya. kalo jurusan teknik kimia bakalan terbantu sekali dengan info ini.

  3. Anak Jogja wajib baca tulisan ini sih. Rekomendasinya keren euy. Kalo ada toko yang jual bahan kimia secara lengkap gini sih tentu aja memudahkan mahasiswa/orang umum yang lagi membutuhkan barang itu ya. Syukur kalo ada toko online-nya. Jadi bisa membandingkan harganya biar dapat yang termurah. Namun cek juga jarak toko ke rumah juga ya. Hehehe..

  4. jadi keinget temen kos kuliahku dulu yang sibuk dengan praktikumnya, tapi bukan di teknik kimia.
    kalau nemu bahan bahan pendukung praktikum di toko yang terjangkau begini, jelas membantu banget buat kantong anak mahasiswa ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here