Tips Lolos Beasiswa LPDP 2022, Dikisahkan oleh Rima

0
575

Tips Lolos Beasiswa LPDP 2021 – Hallo semuanya… Siapa sih yang tak ingin kuliah tanpa biaya? Tentu saja, hampir semua orang ingin mendapatkannya. Tidak hanya diri sendiri saja yang bahagia, tapi juga orang tua. Saat ini banyak sekali beasiswa yang ditawarkan di negara kita, Indonesia tercinta. Salah satunya adalah beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang diberikan untuk banyak jenjang, mulai dari S2, S3, maupun spesialis. Bahkan untuk guru, tenaga pengajar, ASN, disabilitas, maupun santri. Beasiswa ini diperuntukkan untuk kalian yang ingin kuliah di dalam maupun luar negeri.  Informasi lengkap beasiswa LPDP bisa teman-teman cek di laman website beasiswa lpdp. Tulisan dan tips ini ditulis oleh Rima Walhikmah (Alumni Fisika UNY) yang melanjutkan studi S2-nya di Magister Fisika UGM.

Pada tulisan ini, Rima akan sedikit berbagi pengalaman dan tips selama apply beasiswa hingga dinyatakan lolos sebagai awardee LPDP. Simak sampai habis!

Tips dan Trik Lolos Beasiswa LPDP
Tips Lolos Beasiswa LPDP 2021
  1. Bacalah secara detail persyaratan berkas yang harus disiapkan.

Setiap beasiswa tentu memiliki persyaratan yang harus disiapkan saat melakukan pendaftaran. Begitu juga beasiswa LPDP, ada persyaratan yang harus disiapkan dalam jangka waktu lama maupun cukup beberapa hari sebelum pendaftaran. Apa saja persyaratan tersebut?

  • Sertifikat Hasil TOEFL

Persyaratan yang harus disiapkan saat jauh-jauh hari untuk mengikuti beasiswa LPDP adalah sertifikat hasil TOEFL. Bagi kalian yang belum lancar dalam Bahasa Inggris (seperti saya), tentu butuh waktu yang lama dan perjuangan lebih. Tidak hanya menabung saja yang harus dipersiapkan, tapi kalian butuh konsisten belajar untuk latihan soal TOEFL, belajar listening, reading, dan grammar. Kenapa? Tentu saja, saat melakukan tes TOEFL kita berharap mendapatkan hasil yang sesuai harapan dalam 1x tes, apabila kita gagal (mendapat score yang tidak memenuhi persyaratan), maka kita harus membayar biaya untuk kedua kalinya. Sebelum melakukan real test, kalian bisa melakukan simulasi terlebih dahulu, sehingga kalian bisa mengetahui potensi diri masing-masing apakah harus tes sekarang atau nanti.

  • Ijazah dan Transkip Nilai

Salah satu bukti kita lulus adalah mendapatkan ijazah dan transkip nilai. Bagi kalian yang ingin melakukan kuliah di LN maka kalian harus translate ijazah dan transkip nilai tersebut ke dalam Bahasa Inggris. Bagi kalian yang ingin kuliah di DN, kalian bisa langsung scan saja ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir. Setelah ijazah dan transkip nilai didapatkan, saya sarankan kepada teman-teman untuk segera melegalisirnya, karena dikhawatirkan memakan waktu lama.

  • Berkas pendukung lainnya

Berkas pendukung lainnya merupakan berkas persyaratan yang perlu kalian persiapkan maksimal 1 minggu sebelum pendaftaran, seperti dokumen KK, KTP, AKTA dan lainnya. Selain itu, bacalah persyaratan sedetail mungkin seperti ketika disuruh menulis essay, study plan, dan proposal penelitian. Setiap tahun bisa saja syarat yang diperlukan berbeda. Contohnya pada tahun 2021, kita hanya perlu mempersiapkan essay berisi kontribusi terhadap Indonesia. Buatlah tulisan–tulisan yang disyaratkan sesuai dengan yang diinginkan oleh beasiswa, dari mulai temanya apa, minimal berapa kata, maksimal berapa kata, dan lain sebagainya. Patuhi segala rule dalam penulisan tersebut.

  1. Pahami alur seleksi

Ketika teman-teman lolos dalam seleksi berkas LPDP, teman-teman akan diarahkan pada tahap tes. Tes yang dilakukan biasanya adalah Tes Wawasan Kebangsaan dan Test Petotensi Akademik. Oleh karena itu, teman-teman perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi tes ini. Ketika tes dinyatakan lolos, maka teman-teman akan diarahkan pada tahap akhir, yaitu wawancara. Tahap wawancara ini yang akan menentukan apakah teman-teman diberi kesempatan atau tidak untuk menjadi penerima beasiswa LPDP. Sehingga teman-teman perlu juga untuk latihan wawancara, teman-teman biasa meminta bantuan kepada kakak tingkat, teman sebaya, bahkan orangtua untuk simulasi wawancara.

  1. Teruslah Berdoa

Doa merupakan kekuatan kita. Setiap usaha tanpa doa ibarat angan-angan saja dalam menepuh cita-cita. Allah SWT pasti mendengar dan akan memberikan yang terbaik kepada hamba-Nya yang berdoa. Tidak lupa kepada ayah, ibu, kakak, adik, keluarga bahkan orang-orang yang kita temui juga diminta untuk mendoakan kita. Karena kita tidak pernah tahu doa siapa dan doa keberapa yang akan Allah kabulkan. Walau demikian, tidak semua doa akan dikabulkan, tapi apa yang kita doakan akan diganti yang lebih baik ketika tidak dikabulkan.

  1. Kenali potensi dan tanamkan jiwa berjuang

Segala sesuatu yang kita inginkan patut kita perjuangkan. Setiap apa yang kita perjuangkan harus sampai pada titik darah penghabisan. Banyak sekali, teman-teman saya yang minder, takut dan banyak alasan ketika akan mendaftar beasiswa. Padahal, segala sesuatu tanpa dicoba kita tidak akan tahu hasilnya. Sehingga diperlukan jiwa “mau berjuang”. Mau berjuang menyingkirkan rasa minder, takut, rasa tidak mampu, dan yang terutama adalah rasa malas dalam berproses. Belum bisa Bahasa Inggris? Belajar Bahasa inggris. Belum bisa berbicara di depan orang? Latihan public speaking. Kenalilah potensi diri, asah terus apa yang menjadi kekurangan. Ubah mindset negative yang dimiliki teman-teman menjadi mindset positif untuk maju.

Nah, kira-kira empat tips di atas telah saya lakukan ketika akan mendaftar beaasiswa, sehingga saat ini alhamdulillah saya diberi kesempatan oleh Allah untuk menjadi penerima beasiswa LPDP tahun 2021. Semoga tulisan pengalaman saya bisa memotivasi dan menjadikan teman-teman lolos LPDP di tahun teman-teman mendaftar.

Informasi lainnya tentang pendidikan bisa diakses di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here