Cukup 30 Menit, Begini Cara Perpanjangan STNK Bantul 5 Tahunan

0
209

Cara Perpanjangan STNK Bantul 5 Tahunan – Sebagai salah satu konsekuensi pemilik kendaraan pemotor, Sedulur diharuskan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pembayaran pajak dilakukan skala tahunan sekali dan lima tahunan sekali. Perpanjangan ini dapat diurus di Kantor Samsat setempat di tingkat kabupaten. Adapun pembayaran tahunan sekali hanya sebatas pembayaran pajak kendaraan motor saja, sedangkan perpanjangan 5 tahunan digunakan untuk pembayaran pajak sekaligus penggantian plat kendaraan bermotor. Syarat perpanjangan dapat di lihat di gambar:

Syarat Perpanjangan STNK Bantul 5 Tahunan
syarat perpanjang stnk (suara.com) – mwahyuarif

Dulurku, Bantul merupakan kabupaten yang memiliki 2 kantor samsat, yaitu Samsat Utama yang beralamat di Jalan Badegan dan Samsat Pembantu yang beralamat di Jalan Parangtritis, Sewon.

Kali ini aku mau mengurus Cara Perpanjangan STNK Bantul 5 Tahunan, yang artinya harus ganti plat kendaraan. Mulanya aku berpikir bahwa pengurusan ini hanya bisa dilakukan di Samsat Utama dan butuh waktu berjam-jam. Pasalnya, kita kudu cek fisik kendaraan, dan proses ini terkenal antre. Namun saat aku bertanya ke salah satu teman, yang merupakan pegawai di Samsat Bantul, ternyata pengurusan pajak 5 tahunan juga bisa dilakukan di Samsat Pembantu, Sewon. Asiiik. Sebelum berangkat, siapkan dahulu: (1) STNK asli dan FC; (2) BPKB asli dan FC; (3) KTP asli dan FC, pemilik kendaraan; (4) Uang cash.

Lalu bertanyalah aku, gimana tipsnya supaya bisa cepet, secepet kilat Kata kunci utamanya ialah, datanglah di hari Sabtu. Yap, kali itu aku datang pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021 pukul 9 pagi. Antreannya sepi banget, malah cenderung gak antre sama sekali.

Cek Fisik Kendaraan – Saat datang, aku langsung ambil dan mengisi formulir guna cek fisik kendaraan. Isian form meliputi identitas pemilik dan identitas kendaraan berdasarkan BPKB motor. Setelah diisi lengkap, serahkan pada petugas untuk gosok rangka dan penyesuaian nomor rangka dan mesin.

cek fisik kendaraan (dokpri) – mwahyuarif

Pengumpulan Formulir dan Pembayaran – Setelah selesai cek fisik, Dulur menuju loket pelayanan formulir guna mengumpulkan (1) STNK asli dan FC; (2) BPKB asli dan FC; (3) KTP asli dan FC, pemilik kendaraan; (4) Hasil cek fisik. Setelah itu, segera Dulur menuju loket pembayaran. Item yang harus dibayar guna perpanjangan 5 tahunan adalah pajak kendaraan, asuransi Jasa Raharja, penerbitan STNK, TNKB atau plat.

berkas perpanjang stnk bantul (dokpri) – mwahyuarif
tarif pembayaran stnk bantul (dokpri) – mwahyuarif

Pengambilan STNK dan TNKB atau Plat – Setelah pembayaran kelar, Dulur bisa duduk sejenak untuk diproses. Kemudian Dulur bisa menunggu untuk pengambilan STNK dan TNKB yang kira-kira, kira-kira butuh sekitar 10 menit-an, STNK dan plat motor Dulur pun sudah jadi. Cuma perlu di catat, Samsat gak melayani pemasangan plat yaa. Jadi silakan diganti sendiri, bisa dipasang sendiri atau di bengkel.

plat nomor perpanjang stnk bantul (dokpri) – mwahyuarif

Gimana, cepet banget kan? Ku bilang, kira-kira semua proses itu butuh waktu 30 menit-an. Lagi-lagi kata kuncinya, urus saja di hari Sabtu. Yuk Dulur, bagikan artikel ini ke Dulur-dulur lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Cara Naik KRL Jogja-Solo
Cara Daftar Driver Shopeefood di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here