Gimana Rasanya Viral Gara-gara CPNS, Kisah Nyata!

0
143

Viral Gara-gara CPNS – Pernah gak dulur ngrasain tiba-tiba viral masuk berita dimana-mana. Entah itu sebab prestasi ataupun tingkah konyol? Banyak sih yang berambisi buat konten biar bisa viral. Tapi kalau boleh ku bilang, viral itu gak enak. Hehe. Aku bareng istri pernah ngrasain rasanya viral gara-gara CPNS tahun 2021.

Kira-kira keviralan kami kemarin diliput di media kemenag.go.id, detik.com, suryakepri.com, potensibisnis.com, indozone.com, harianmerapi.com, hallo.id, mapaybandung.com, madu.tv, serta infocpns.my.id. Sebelum berita itu viral menyebar kemana-mana, tulisan pertama sebenarnya ditulis oleh kemenag diy dan baru viral seminggu setelah berita di post. Seminggu pertama ya datar-datar aja, bahkan kami gak sadar kalau diberitakan. Memang sesaat setelah tes, kami peraih top-score masing-masing sesi diwawancarai oleh panitia.

Tak hanya di berbagai laman berita, ternyata keviralan kami pun menyebar di berbagai akun Instagram: indozone, faktanyagoogle, duniacpns. Paling gokil sih saat tampil di akun indozone yang punya follower sampai 4 juta. Boooom… menggemparkan! Postingan ttg kami dapat 83 ribu like dan 619 komentar. Isi kolom komentar pun beragam, dari ucapan selamat, doa, dan tak lepas pula nyinyiran dan kecurigaan adanya orang dalam. Mantap.

Lalu sebenarnya kami vira gara-gara apa sih? Dalam banyak narasi berita, kami diviralkan sebagai “Pasangan suami-istri yg belum genap 1 bulan menikah dan sama-sama bisa dapat top-score”. Aku tercatat sebagai topscore SKD sesi III hari ke-3 dengan skor 451. Sementara istriku topscore sesi IV hari ke-2 dengan skor 463. Waktu itu, SKD CASN Kemenag titik lokasi DIY dihelat di Gedung Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Sunan Kalijaga dan berlangsung sejak 23-26 Oktober 2021.

Lalu gimana rasanya viral? Singkat kata, gak nyaman. Apalagi waktu itu kami viral gara-gara skor SKD. Yang mana kami paham, bahwa skor tinggi belum menjamin kami akan lolos sampai tahap akhir. Mengingat akan ada perankingan SKD, pun kalau lolos ada seleksi SKB. Kami justru ketar-ketir, udah terlanjur viral eh malah gak lolos di akhir kan kocak. Selain itu, atas kesuksesan kita jelas banyak orang yang nyinyir dan gak suka. Di antara sekian banyak komen, insan inilah yang paling nyinyir dan merasa maha benar. Bahkan teman kami yg secara naluri ikut meng-counter karena kenal betul dengan kami pun gak mempan.

Komen netizen yang nyinyir (1)
Komen netizen yang nyinyir (2)
Komen netizen yang nyinyir (3)

Ya, syukur alhamdulillah kami sama-sama dapat peringkat 1 SKD yang artinya dapat tiket buat lanjut tes SKB. Kami rampungkan 3 hari tes SKB ala Kemenag. Saat pengumuman akhir kami dinyatakan lolos. Seharusnya kalau mau viral-viralan, pengumuman SKB kemarin-lah yang lebih pas karena sudah final. Tapi kami lebih memilih senyap, diam saja, ketimbang viral lagi dan muncul haters lainnya. Hehe.

Sekian dulu yak. Lanjut besok. Baca cerita lainnya soal cpns di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here