Menjadi Abdi Negara Adalah Wujud Terima Kasihku

0
174

Menjadi Abdi Negara – Kita mulai tulisan artikel ini dengan pertanyaan: Apakah benar semua orang punya cita-cita dan ambisi menjadi abdi negara (PNS/TNI/Polri)? Sebagian besar bisa dibilang, iya. Namun sebagian yang lain justru ogah menjadi abdi negara. Lalu apa sebenarnya abdi negara? Abdi berarti pelayan atau pekerja, serta kata negara yang merujuk pada organisasi pemerintahan sebuah bangsa. Jadi, abdi negara adalah seorang yang bekerja atau melakukan sesuatu untuk melayani negara. Tanpa abdi negara abdi negara, pekerjaan-pekerjaan pemerintah tidak akan bisa berjalan maksimal atau bahkan tidak bisa dilaksanakan.

Di era awal adanya PNS, jumlah pendaftarnya tentu tidak sebanyak era sekarang. Pada pengadaan CPNS tahun 2021, sejumlah 4 juta orang berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk mengisi total 650 ribu kebutuhan. Ngeri kali ya. Dan tiap pengadaan rasanya mesti makin rame. Lihat data pengadaan CASN Tahun 2021 milik Kemenpan.

Data pengadaan CASN tahun 2021 (kemenpanrb)

Lalu kenapa artikel Bang Wahyu dikasih judul Menjadi Abdi Negara Adalah Wujud Terima Kasihku? Iya, benar. Aku sebenarnya tidak terlalu berambisi untuk daftar CPNS. Namun setiap ada pengadaan, pengen ngrasain aja sensasinya dan berusaha daftar. Contohnya pada tahun 2018 aku daftar kok, namun saat jadwalnya tes SKD aku justru gak berangkat. Lalu tahun 2019, aku daftar juga. Namun gara-gara malas cari surat ket. sehat rohani (jiwa), aku dinyatakan gagal syarat administrasi. Hehe.

Kalau ditelisik ke belakang, aku termasuk orang yang benar-benar merasakan hadirnya negara dalam perjalanan hidupku. Kami sekeluarga sering mendapatkan bantuan dari pemerintah sebab masuk dalam golongan Keluarga Miskin. Tapi kami tidak pernah berkecil hati. Justru dari kondisi situlah aku bisa berkesempatan mencicipi pendidikan tinggi, menyelesaikan pendidikan sarjana dan magisterku. Selama kuliah, aku dibiayai oleh negara melalui skema Beasiswa Bidik Misi dan Beasiswa LPDP dari Kemenkeu RI.

Menjadi Abdi Negara – Berfoto di rektorat UGM

Nah setelah merasakan manisnya beasiswa, aku kemudian mikir. Bagaimana aku mewujudkan rasa terima kasihku pada negara? Sampailah pada pengadaan CPNS 2021, dimana aku mempersiapkan dengan lebih serius. Mulai dari persiapan administrasi serta persiapan materi SKD dan SKB. Soal materi, aku gak pernah ikut bimbel maupun try-out sebenarnya, cukup belajar dari YouTube. Cek di sini. Aku gak terlalu berharap untuk lolos, namun aku hanya berharap diberi kesempatan untuk menjadi Abdi Negara sebagai Wujud Terima Kasihku.

Benar saja, mulai dari top skor SKD hingga dinyatakan lolos SKB. Aku dan istri yang sama-sama merasakan manisnya beasiswa Bidik Misi dan LPDP RI, kami bernasib sama. Kami diberikan kesempatan sebagai Abdi Negara dengan lolos sebagai CPNS di BPJPH, Kementerian Agama RI. Alhamdulillah.

Sekian dulu ya dulur sharing kali ini. Baca tulisan lainnya di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here