Apakah Benar, Kemenag RI Ambil Alih Sertifikasi Halal dari MUI?

0
167

Apakah Benar, Kemenag RI ambil alih Sertifikasi Halal dari MUI? Nah, mumpung pemberitaan soal Label Halal sudah landai, saatnya sharing kebijakan sertifikasi halal di Indonesia dalam rangkaian #sharinghalal . Dalam melaksanakan Jaminan Produk Halal (JPH) di Indonesia, terdapat 3 aktor sertifikasi halal, yaitu:

Sumber: instagram.com/kemenag_ri

1. BPJPH, Kementerian Agama RI
BPJPH merupakan sebuah badan di bawah Kementerian Agama yang dibentuk atas amanat UU. No 33 tahun 2014 ttg Jaminan Produk Halal. Bunyi pasal 5 ayat 3 kira-kira seperti ini: “Untuk melaksanakan penyelenggaraan JPH sebagaimana dimaksud pada ayat (2), dibentuk BPJPH yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri.” BPJPH lah yang kemudian memiliki tugas dan fungsi sebagai regulator sertifikasi halal di Indonesia.

2. LPH (Lembaga Pemeriksa Halal)
Sesuai namanya, lembaga ini bertugas untuk memeriksa kehalalan produk melalui auditor halal dalam proses sertifikasi halal. Hal ini tertuang dalam pasal 9 yang berbunyi: Kerja sama BPJPH dengan LPH sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b dilakukan untuk pemeriksaan dan/atau pengujian Produk. Kalau dulunya aktor tunggal pemeriksa halal hanyalah LPPOM-MUI, saat ini tidak demikian. Pemerintah dan/atau masyarakat dapat mendirikan LPH dimana kesemuanya memiliki kesempatan yang sama dalam membantu LPH. Saat ini, LPH yang sudah eksis dan beroperasi ada 3, yaitu: LPH LPPOM-MUI, LPH Sucofindo, dan LPH Surveyor Indonesia.

3. MUI (Majelis Ulama Indonesia)
MUI berperan dalam penetapan kehalalan produk. Hal ini tertuang dalam Pasal 33 ayat 1 dan 2, dimana MUI menetapkan kehalalan produk melalui Sidang Fatwa Halal dengan mengikutsertakan pakar, unsur kementerian/lembaga, dan/atau instansi terkait. BPJPH hanya bisa menerbitkan sertifikat halal berdasarkan ketetapan halal yang dikeluarkan oleh MUI.

Nah, kira-kira demikian pembagian peran tiga aktor yang ada di Indonesia dalam melakukan Jaminan Produk Halal (JPH). Jadi tidak semerta-merta BPJPH mengambil alih peran MUI, namun melakukan pembagian peran dan bekerja bersama dalam sertifikasi halal. Baca kisah sharing lainnya dari Bang Wahyu di sini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here