Proses Sertifikasi Halal Berapa Lama? #SharingHalal

0
110
SIHalal BPJPH (ptsp.halal.go.id)
SIHalal BPJPH (ptsp.halal.go.id)

Bang Wahyu, Jakarta – Penerbitan sertifikasi halal yang sebelumnya dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) kini dialihkan ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Salah satu pertanyaan yang sering muncul, Proses Sertifikasi Halal Berapa Lama?

Dilansir dari laman halal.go.id, BPJPH adalah badan di bawah Kementerian Agama RI yang mempunyai kewenangan untuk melakukan sertifikasi halal. BPJPH menjalankan tugas sesuai amanat UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Dalam menjalankan tugas sertifikasi halal, BPJPH memiliki mitra strategis: LPH (Lembaga Pemeriksa Halal) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Proses Sertifikasi Halal?

Dalam pengurusan sertifikasi halal biasanya pelaku usaha bertanya-tanya Prosesnya Berapa Lama? Dilansir dari laman halal.go.id, proses sertifikasi halal memuat 5 tahapan utama. Tahapan ini secara ringkas: BPJPH > LPH > MUI > BPJPH. Dimana pendaftaran diawali dan diakhiri di BPJPH, Kementerian Agama RI.

Proses Sertifikasi Halal
Proses Sertifikasi Halal (@halal.indonesia)

1. Pelaku Usaha melakukan permohonan sertifikasi halal, dokumen yang harus disiapkan meliputi: Data pelaku usaha; Nama dan jenis produk; Daftar produk dan bahan yang digunakan; Pengolahan produk; Dokumen sistem jaminan produk halal. Permohonan dilakukan secara online melalui ptsp.halal.go.id

2. Memeriksa kelengkapan dokumen dan menetapkan LPH. BPJPH memeriksa kelengkapan dokumen dan menetapkan lembaga pemeriksa halal (LPH). Proses ini memakan waktu 2 hari kerja.

3. Memeriksa dan/atau menguji kehalalan produk. Setelah itu pihak LPH memeriksa dan/atau menguji kehalalan produk, proses waktunya 15 hari kerja.

4. Menetapkan kehalalan produk melalui sidang fatwa halal. Selanjutnya, setelah dilakukan pemeriksaan, MUI menetapkan kehalalan produk melalui sidang fatwa. Proses penetapan produk halal di MUI memakan waktu 3 hari.

5. Menerbitkan sertifikat halal. Setelah ditetapkan oleh MUI, Ketetapan halal kemudian dikirimkan ke BPJPH. Selanjutnya pihak BPJPH akan menerbitkan sertifikat halal. Prosesnya 1 hari kerja.

Sehingga total waktu yang diperlukan untuk proses sertifikasi halal adalah 21 hari kerja. Berdasarkan keterangan admin di WhatsApp Layanan BPJPH, proses ini bisa lebih lama jika antrian permohonan sertifikat halal sedang sangat banyak. Demikian edisi #sharinghalal kali ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here